Bantuan PKH Di Brebes Tak Tepat Sasaran, Rumah Mewah Dicap ‘Keluarga Miskin’



Bantuan PKH Di Brebes Tak Tepat Sasaran, Rumah Mewah Dicap ‘Keluarga Miskin’

BREBES – Beberapa hari ini, dunia maya dihebohkan dengan foto-foto rumah mewah yang dicap pilok ‘Keluarga Miskin’ sebagai penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Publik pun geram karena menilai penyaluran bantuan untuk keluarga miskin selama ini ternyata salah sasaran.
Informasi yang diterima PanturaPost, foto tersebut diketahui berlolasi di Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Kepala desa setempat, Slamet Becco, membenarkan informasi itu. Dia pun mengaku baru mengetahuinya setelah ada pelabelan keluarga miskin dengan pilok pada Rabu (29/4/2020).
Salah satu rumah mewah yang dicap label ‘Keluarga Miskin’ yakni milik Surya. Dia mengaku tidak mengetahui kenapa keluarganya masuk menjadi penerima manfaat PKH.
“Saya ga tau didata atau tidak karena saya diperantauan. Mungkin awalnya sebelum rumah begini ya mungkin sudah didata. Kalau rumah ini kan baru 2-3 tahun yang lalu,” katanya.
Usai rumahnya dicap ‘Keluarga Miskin’ dia pun akhirnya memilih mundur. “Pemasangan cap ini kan saya juga tidak tahu. Kalau tahu mungkin saya pertimbangkan pantes atau tidaknya. Tapi setelah ini saya mundur,” kata Surya.
Menurut Slamet, data penerima manfaat PKH di desanya sudah bertahun-tahun tak diperbaharui. Terakhir, ada pemutakhiran data penerima PKH pada 2010 oleh petugas pendamping dari Kecamatan Salem.
“Pendataan ini sudah mulai 2008, kami juga menerima data udah mateng dari pusat. Pada 2010 ada pendamping PKH 2 orang Kecamatan Salem pemutahiran data di Desa Ciputih. Namun waktu itu data yang turun masih layak menerima. Rata-rata layak menerima PKH,” kata dia, JUmat (1/5/2020).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel